Cara Mudah Daftar dan Diterima Google Adsense

Cara mendapatkan uang dari internet

Mas Nubie - Cara Mudah Daftar dan Diterima Google Adsense. Halo sobat semua, pada pembahasan kali ini kita akan membahas masalah yang mungkin tidak akan habis-habisnya untuk dibahas, terutama dalam lingkungan para Blogger dan Youtuber.
Banyak Orang (Youtuber/Blogger) berlomba-lomba dalam mengajukan permohonan untuk menjadi Publisher/Mitra Google Ads yakni Google Adsense, tujuannya tidak lain dan tidak bukan adalah permasalahan '$'.

Kedua Kubu tersebut (Blogger/Youtuber/Campuran antar keduanya) sama-sama mempunyai tujuan yang sama yakni mencari penghasilan tambahan dari media Internet dengan jaringan iklan yang disediakan oleh Google Adsense.





Blogger yang sudah diterima menjadi mitra Google sudah bisa  memasang iklan berupa spanduk/baliho/banner/teks pada Blog mereka, sementara Youtuber hanya menyetel titik iklan video atau banner pada durasi yang telah ditentukan sehingga iklan tersebut muncul pada Video unggahan mereka ke Youtube. Jika iklan tersebut di klik oleh pengunjung atau penonton maka mereka akan mendapatkan jumlah dollar yang telah ditentukan oleh pengiklan yang biasa disebut dengan CPC (Bayar Per Klik), semakin banyak mendapatkan klik dari pengunjung atau penonton maka semakin banyak pula penghasilan yang mereka dapatkan.

Pada artikel ini saya hanya berbagi pengalaman saya sendiri selaku Blogger pemula yang mungkin masih awam dalam dunia IM khususnya menjadi Publisher Google.

Menjadi publisher Google Adsense tentunya menjadi impian untuk semua Blogger/Youtuber terutama bagi teman-teman kita yang mungkin menganggur dari pekerjaannya, mungkin mereka bisa mendapatkan recehan/tumpukan/karungan dollar dari media yang mereka minati (Blog/Youtube).

Namun semua itu tidak akan tercapai jika didalam diri seseorang terdapat sifat buru-buru, dengan kata lain yaitu gegabah dan serakah.

Pengalaman saya pribadi sudah pernah ditolak 2 kali oleh Google Adsense dalam mengajukan permohonan pada tahun 2015 silam dan ditolak 1 kali pada tahun 2017 ini. Sobat sekarang tahu bahwa saya juga masih pemula dalam dunia Google Adsense dan masih berada dibawah Newbie.

Penyebab utama saya ditolak adalah karena dulunya saya tidak memperhatikan kelayakan konten blog dalam mendaftar program tersebut. Kedua, yaitu karena saya tidak menunggu usia Blog sampai Remaja, dengan kata lain 'sampai postingan terindeks di mesin pencari'. Mungkin karena kedua faktor itulah sobat juga ditolak mentah-mentah oleh Google, namun semua itu adalah hal dan masalah yang sepele, kita bisa menangganinya dengan senjata yang paling jitu yaitu Berdo'a, Berusaha dan Bersabar, Jika kita tidak memiliki tiga hal tersebut berarti kita telah gagal dalam semua aspek kehidupan, bukan hanya dalam aspek Google Adsense, ingat itu!.


Sebelum kita masuk ke topik utama, Saya akan memberikan beberapa syarat agar Blog yang kita miliki memiliki nilai tambah dan berbobot yang bisa menguntungkan pemilik dan pengunjung, berdasarkan pengalaman saya pribadi dan semua Blogger yang sudah PRO :

#Pertama : Blog Harus Memiliki Tujuan

Maksud dari memiliki tujuan adalah, Blog dibangun berlandaskan hobi atau pengalaman yang kita miliki dan menulis artikel/konten menyangkut hal tersebut dengan tujuan memberikan informasi dan manfaat kepada diri sendiri serta kepada orang lain. Sehingga blog tersebut memiliki daya tarik tersendiri bagi pengunjung sehingga dicintai oleh pengunjung.


#Kedua : Konten berasal dari tangan sendiri

Maksud dari berasal dari tangan sendiri adalah memulai dari Nol/Zero dalam membuat konten, tidak bersifat plagiarisme yang bisa merugikan orang lain. Dalam hal ini bukan berarti tidak boleh melakukan Copy Paste, namun pemeliharaan konten sangat perlu diperhatikan karena semua akan berdampak kepada Blog yang kita miliki. 

Copy Paste juga ada batasannya diantaranya yaitu :
  • Hasil copas lebih sedikit dari konten bikinan sendiri
  • Hasil copas diedit terlebih dahulu sampai berbeda 50% dari yang aslinya
  • Hasil copas harus dikaitkan dengan sumber yang asli

#Ketiga : Berkesinambungan/Kontinuitas

Berkesinambungan dalam memperbarui isi blog merupakan salah satu hal yang tidak kalah penting. Salah satu faktor yang bisa menghambat seseorang untuk mengupdate konten blog yang dimilikinya ialah disebabkan tidak mengamalkan Syarat yang Pertama dan Kedua yang telah saya sebutkan diatas. Blog yang dibangun tanpa adanya tujuan yang jelas akan membuat pemiliknya bosan dalam mengembangkan dan memperbarui isi blog tersebut, dan juga jika Konten blog yang dibuat bukan berasal dari usahanya(tulisannya) sendiri maka percayalah bahwa pemilik akan malas mengupdate isi dan konten blog yang dimilikinya bahkan bisa-bisa ia meninggalkan dan tidak mengurus lagi blog tersebut. Berbeda dengan orang yang mengamalkan Kedua syarat diatas, yakni pemilik blog memiliki tujuan yang jelas dalam membangunnya dan bersemangat dalam memperbarui isi dan konten blog dengan tulisan beserta pengalamannya sendiri mulai dari satu artikel sampai menjadi 10, 15, 20.dst, sampai akhirnya blog tersebut ramai yang mengunjugi dan mendapatkan feedback positif dari pengunjung.

Nah, apakah sobat ingin menjadi Blogger sejati? amalkan ketiga syarat diatas niscaya sobat akan mendapatkan hasil dari atas apa yang telah dibangun.

Sekarang kita mulai membahas Cara Mudah Daftar dan Diterima Google Adsense, pada bahasan ini saya tidak terlalu panjang dalam menjelaskannya yakni hanya memberikan Syarat dan Caranya saja.

Syarat Untuk Daftar Google Adsense :

#Pertama : Harus Berumur minimal 18 tahun 

Kenapa harus berusia minimal 18 tahun? karena menurut kesepakatan dari Google hanya usia 18 tahun ke atas yang hanya bisa menjadi kemitraan mereka. Rata-rata batasan usia yang dianggap sudah dewasa dan sudah bijak dalam berfikir meskipun belum terlalu matang adalah usia 18+.


#Kedua : Blog sudah berusia Remaja

Apakah blog yang sobat miliki sudah remaja? batas usia remaja blog adalah kurang lebih 4 bulan ke atas dikarenakan konten dari blog tersebut sudah terindeks di mesin pencari sehingga pakar google bisa mencari blog sobat dengan mudah. Akan tetapi di beberapa Negara, Google mengharuskan situs sudah aktif selama setidaknya 6 bulan sebelum dipertimbangkan. Google mengambil langkah ini untuk memastikan kualitas jaringan iklannya dan melindungi kepentingan pengiklan dan penayang yang ada (source : https://support.google.com/adsense/answer/9724?hl=id).


#Ketiga : Konten Blog Original dan Bersih

Google akan meninjau semua konten dan isi blog sobat, disinilah rata-rata banyak Blog yang ditolak mentah-mentah. Jadi sobat harus memaksimalkan isi artikel berupa paragraf daripada banyak gambar karena Google senang dengan teks dan kata-kata, setidaknya dalam 1 artikel terdapat 400 lebih kata-kata. Untuk mengetahui berapa banyak kata-kata yang ada dalam artikel, sobat bisa kunjungi situs ini : http://id.wordcounter360.com/





Google menyukai bahasa yang ramah dan sopan, jangan salahkan Google jika permohonan sobat ditolak karena bahasa yang sobat gunakan didalam konten memiliki unsur kata-kata yang berbau p*rn~grafi, SARA, kalimat kebencian dan lain sebagainya, jadi perhatikan bahasa yang sobat gunakan.

#Keempat : Memiliki Laman Informasi

Laman informasi adalah extensi terpenting dari sebuah blog/website, contoh laman informasi diantaranya yaitu :
  • Tentang (About)
  • Penolakan (Disclaimer)
  • Kebijakan (Privacy Policy)
  • Daftar isi (Sitemap)
Keempat laman diatas sangat diperlukan untuk sebuah blog, karena semua laman diatas merupakan kerangka dari sebuah blog.


#Kelima : Tampilan Blog

Perhatikan tampilan blog sobat, Google sangat mencintai tampilan blog yang ramah dan responsif serta memiliki navigasi yang mudah di gunakan oleh pengunjung dan tidak menyesatkan pengunjung.


#Keenam: Melek Kebijakan Adsense

Google sudah membuat peraturan agar pemilik situs bisa berpartisipasi dengan mereka melalui Halaman ini, Silahkan membacanya terlebih dahulu.


#Terakhir : Melakukan Pendaftaran

Setelah semuanya sudah sobat baca dan menerapkannya, mulailah untuk mendaftarkan diri menjadi mitra Google Adsense melalui situs Google Adsense untuk blog/website yang memiliki self hosting(hosting pribadi) atau Blogger yang domain-nya blogspot.com sudah diganti menjadi TLD(.com, .net, .id.dll). Adapun blog hostingan dari Google yaitu Blogger dapat melakukan Pendaftaran secara langsung pada bilah kiri dasbor blogger pada menu Penghasilan. Disini saya tidak menjelaskan lagi tatacara melakukan pendaftaran Google Adsense karena menurut saya tidak terlalu sulit.
  • Untuk sobat pengguna blogger/blogspot tunggu proses review selama kurang lebih 1-2 hari.
  • Untuk sobat yang menggunakan self Hosting/Kostum Domain diwajibkan menaruh script page level ads didalam tag <head> terlebih dahulu sebelum memasuki tahap review, contoh kode script yang diberikan adalah :
    
    <script asyncsrc="http://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>
    <script>
    (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({
    google_ad_client: "ca-pub-1234567890",
    enable_page_level_ads: true
    });
    </script>
    Jika Menu My Ads pada dasbor adsense sobat belum terbuka dan belum bisa diakses, sobat bisa meletakkan kode ini sebagai cara alternatif dan cepat, ganti 1234567890 dengan nomor publisher yang tertera pada URL dibrowser sobat.
Setelah semuanya telah sobat lakukan, sekarang waktunya menunggu persetujuan dari Google Adsense. 

Semoga Artikel ini membantu

              Disqus
              Sistem Komentar