Tutorial Cara Membuat Artikel Blogger Bagus dan Berkualitas #2

Cara Membuat Postingan Blog Yang Bagus

Mas Nubie | Tutorial Cara Membuat Artikel Blogger Bagus dan Rapi [Versi Mas Nubie]. Nah, setelah kita membuat dan mengoptimasi judul artikel, tahap berikutnya adalah :


2. Menyetel Setelan Entri



Label Blogger

Buatlah label/kategori sesuai topik artikel yang ingin sobat tulis dan boleh membuat lebih dari satu satu label, jumblah standar 3 label dan maksimal 5 label/kategori. 

Kemudian untuk Pengaturan Jadwal Blogger sudah menyediakan Jadwal Otomatis untuk Entri, sobat bisa menyetel tanggal postingan secara manual.

Jadwal Blogger

Akan tetapi lebih bagus jika jadwal postingan tidak diubah yakni sesuai dengan jadwal asli pada saat membuat artikel.

Pada pengaturan Lokasi kita lewatkan saja.

Lalu pada Deskripsi Penelusuran buatlah kata dan kalimat yang menarik, karena deskripsi tersebut berfungsi sebagai cuplikan untuk sebuah artikel dan deskripsi tersebut akan muncul pada Mesin pencari.

Deskripsi Blogger

Mohon maaf karena Blog Mas Nubie belum sepenuhnya terindeks di Google, sekarang tidak bisa saya berikan contoh gambar deskripsi Blog ini di Google index.


3. Penulisan dan Format Artikel


Pada bagian ini, tentunya setiap orang pasti memiliki cara yang berbeda-beda dalam menulis dan mengatur format artikel pada blog yang dimilikinya. Disini saya hanya memberikan cara penulisan dan format artikel seperti pada umumnya.






A. Memulai menulis


Jika kita perhatikan, sebagian besar pengguna blogger memulai menulis tidak langsung membuka paragraf pertama dengan isi artikel, mereka menulis ulang judul artikel sebelum memasuki kalimat pertama. Nah, untuk lebih bagusnya, kita mengikuti cara tersebut yakni membuat ulang Judul artikel/postingan di awal paragraf, setelah itu baru mulai menulis. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan akurasi konten pada halaman google index yaitu memberikan cuplikan/snippet kepada calon pengunjung.

Pada pembahasan ini Mas Nubie menargetkan Tutorial ini untuk Blog yang bertopik :

  • Blog Pribadi (Curhat)
  • Blog Berita
  • Blog Tutorial
  • Blog Edukasi
  • Blog Top List
  • Blog Kuliner/Masakan
  • Blog Kesehatan
  • Blog Kecantikan
  • Blog Travel
  • Blog Lokasi(Wilayah/Provinsi/Pedesaan)
  • Blog Teknologi
  • dll

Nah, setelah itu mulailah menulis isi konten berupa heading, paragraf, list, nomor.dll. Agar tidak memberatkan atau memperpanjang artikel ini sobat bisa mengambil contoh artikel pada Halaman ini.

Nah, setelah melihat contoh artikel tersebut, pasti sobat semua sudah mengerti bukan?

Untuk tips pembuatan agar artikel memiliki kualitas, Buatlah artikel yang standar, tidak terlalu panjang dan juga tidak terlalu pendek, setidaknya minimal memiliki 400 kata lebih, cek kata-kata Disini. Buatlah artikel yang terstruktur dan to the point, jangan membahas dan menjelaskan lama-lama topik tersebut. Setidaknya 3 Paragraf yang didalamnya berisi 4 kalimat sudah cukup.

Setelah itu langsung menjelaskan inti dari judul artikel. Sebagai contoh, sobat ingin membuat artikel tentang tutorial memasak, sebutkan dulu nama masakan yang hendak dimasak(sudah termasuk Judul) > Jelaskan dan bahas dulu masakan tersebut secara ringkas > setelah itu sebutkan resep-resep dan bahan bahannya > langsung buat tutorial langkah demi langkah dengan bahasa yang mudah dipahami.

Sering-sering memeriksa Pratinjau dari artikel yang sedang dibuat, bisa jadi penempatan Heading dan Paragraf normal tidak rapi dikarenakan sobat tidak menentukan jarak antara H2/H3/H4 pada Compose.


B. Peletakan Gambar


Dalam peletakan gambar, terlebih dahulu sobat membuat sendiri atau mendownload gambar dari internet yang tidak mengandung hak cipta Di Pixabay, Setelah itu tempatkan gambar tersebut pada bagian yang dibutuhkan.

Jika sobat ingin membuat gambar deskripsi agar blog terlihat memiliki ciri khas, pastikan sobat membuat sebuah gambar khusus yang memiliki watermark merek sendiri, contohnya seperti ini :

Contoh Watermark

Sehingga menjadi seperti ini :

Cara Membuat Ayam Penyet Super Pedas

Watermark tidak harus berupa gambar, teks atau URL blog juga bisa.

Nah untuk penempatan gambar deskripsi, tempatkan di atas paragraf pertama seperti ini : 

Gambar Deskripsi Artikel

Saran Mas Nubie, agar tidak memperlambat loading blog, pilihlah ukuran small untuk gambar deskripsi dan hilangkan link dengan meng-klik link pada toolbar blogger. Setelah itu, tambahkan properti pada gambar (Berlaku untuk semua gambar) agar artikel memiliki optimasi SEO melalui gambar. Buatlah tittle text memakai keyword yang berhubungan dengan gambar tersebut, contoh :

membuat SEO dengan Gambar
Pada tittle text, sobat bisa menggunakan bahasa inggris, hal ini bertujuan agar memancing visitor dari luar negeri.

Nah, begitulah Tutorial mengenai Cara Membuat Artikel Blogger Bagus dan Berkualitas Versi Mas Nubie. Semoga Bermanfaat.

Disqus
Sistem Komentar