Dampak Invalid Clicks Bagi Publisher Google Adsense

Invalid Clicks Google Adsense

Mendapatkan banyak Invalid Clicks Google Adsense atau klik yang tidak sah pada sebuah iklan dari Google Adsense merupakan suatu hal yang sangat ditakuti bagi seorang publhiser. Biasanya jika didapati sebuah akun terdapat invalid click pada unit iklan mereka, Google akan mengirim email yang berisi pesan banned atau suspensasi kepada publisher Google Adsense, tergantung seberapa sering terjadinya pelanggaran pada sebuah akun.

Jika ditinjau secara umum, invalid click terjadi disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya :

  1. Visitor jahat
  2. Penempatkan iklan tidak pada tempatnya
  3. Tidak sengaja meng-klik unit iklannya sendiri
  4. Menyuruh orang untuk klik Iklan

Visitor Jahat
Ada sebagian visitor yang jahat sengaja untuk meng-klik unit iklan pada sebuah website atau blog lebih dari 3 kali klik dalam waktu yang singkat tanpa didasari alasan yang benar. Hal ini disebut dengan istilah Boom Click.

Penempatan iklan tidak pada tempatnya
Sebagai contoh : menempatkan iklan jebakan, iklan menutupi konten, terlalu banyak unit iklan (lebih banyak iklan dari konten asli) dan lain sebagainya.  Tidak heran, banyak publisher mendapatkan banyak klik pada unit iklan mereka, tetapi klik tersebut dianggap Spam click oleh sistem algoritma Google Adsense karena tiap alamat IP atau perangkat hanya 3 kali klik yang dianggap Valid. Sehingga sangat cepat ditanggapi oleh Google dan mengirim ancaman Banned bagi Publisher tersebut.

Tidak sengaja klik iklan sendiri
Hal ini juga bisa berakibat buruk bagi sebuah akun jika tidak diatasi secepatnya, yaitu dengan mengajukan laporan klik yang tidak valid pada halaman Bantuan Google - Invalid Click Form Google Adsense. Adapun, yang dimaksud jenis iklan disini adalah iklan yang direct(langsung) menuju ke situs bukan iklan jenis link Ads.

Menyuruh orang untuk klik Iklan
Hal ini sangat tidak dianjurkan, banyak pengiklan yang dirugikan dari perbuatan semacam ini. Kita bisa melihat sendiri jika ada yang bergabung dalam komunitas Blogger amatir di Indonesia, disetiap postingan mereka menyuruh member lain untuk:
  • BW (Blog Walking)
  • Comment (Berkomentar)
  • Klik Anu (Klik Iklan)

Jika ditinjau dengan seksama, point pertama dan kedua merupakan hal yang positif-positif saja yaitu menyuruh orang lain mengunjungi blog mereka dan berkomentar pada sebuah postingan blog tersebut. 

Namun pada point ketiga terlihat sangat menjengkelkan sekali yaitu menyuruh orang lain untuk mengklik iklan yang tayang pada blog tersebut sehingga mendapatkan keuntungan kepada pemilik blog tersebut. Perbuatan ini jelas terlarang, karena banyak pengiklan yang rugi karena perbuatan yang satu ini. 

Perlu diketahui perbuatan tersebut juga bisa berdampak buruk pada akun dan bisa terancam Banned pada sebuah akun Google Adsense, karena selain sudah mendapatkan traffic yang tidak murni organik (hanya musiman) setelah itu juga mendapatkan banyak klik dari wilayah lokal, Google mengetahui perihal tersebut karena mereka menggunakan sistem yang sangat canggih dalam mengumpulkan semua data Publisher. 

Google akan meninjau semua analisis data dari sebuah akun Google Adsense, jika memiliki kejanggalan, mereka tinggal mengirim email yang berisi Suspensasi atau Banned akun.


Kesimpulan

  1. Klik yang valid jika dihitung hanya berjumlah 3 kali dalam perhari untuk tiap perangkat/alamat IP selebihnya Google akan menyaring klik yang berlebih sehingga tidak dapat masuk kedalam data penghasilan pada sebuah akun. 
  2. Semua hal yang telah disebutkan diatas merupakan tindakan yang bisa berdampak buruk untuk sebuah akun Google Adsense. Untuk mencegah agar tidak terjadinya Invalid Clicks, maka jauhi hal-hal yang telah disebutkan diatas.

Disqus
Sistem Komentar