Apa itu SEO Off Page dan SEO On Page [Belajar SEO]

Cara Optimasi SEO Off Page dan SEO On Page

Halo sobat semua, entah kenapa tahun ini saya merasa sedikit lebih malas dari sebelumnya dalam mengupdate konten/artikel blog saya ini, mungkin kebanyakan makan mie instan kali ya? kepala jadi pusing, susah dalam berfikir, dan kalau memikirkan sebuah ide, malah kepala menjadi blank dan panas. Mengosumsi mie instan sangat tidak direkomendasikan untuk sobat-sobat semua, namun kalau tidak ada makan lain, ya apa boleh buat, toh itu makanan anak kost kok 😁.

Oke! sesuai dengan judul diatas saya akan menjelaskan apa sih yang dimaksud dengan SEO Off Page dan SEO On Page. Tentunya saya tidak akan berlama-lama dalam menjelaskannya, dan semoga artikel ini dapat menjawab rasa penasaran sobat selama ini mengenai masalah SEO On Page dan Off Page.

Dalam memahami SEO Off Page dan On Page sangatlah mudah dan tidak rumit. Tentunya yang berhubungan erat dengan SEO adalah kata kunci atau keyword. Nah untuk penerapan kata kunci, dibutuhkan beberapa teknik dalam penerapannya, saya akan menyebutkan 6 contoh saja agar mudah dipahami yaitu :

  • Penerapan keyword pada judul artikel
  • Penerapan keyword pada meta description (Deskripsi Penelusuran/Snippet)
  • Penerapan keyword pada gambar
  • Penerapan keyword pada artikel
  • Penerapan keyword pada meta tag
  • Penerapan keyword pada pemalink



Pada SEO Off Page, sebuah keyword harus diterapkan pada judul artikel, meta description dan pada gambar , hal ini bertujuan agar memudahkan artikel muncul dan nongol pada SERP Google jika calon pengunjung mengetik kata kunci yang sesuai/relevan dengan keyword(kata kunci) yang telah kita bidik sebelumnya, baik pada penulusuran kata kunci amupun penelusuran gambar.

Penerapan keyword pada judul artikel sangat penting, karena hal tersebut merupakan senjata utama didalam menembak sebuah keyword, sehingga pengunjung dapat melihat judul artikel pada SERP Google.



Penerapan keyword pada meta description juga tidak kalah penting, dimana calon pengunjung akan melihat sebagian cuplikan pada artikel tersebut. Dari rekomendasi Google, membuat meta Description lebih bagus mengandung 160 karakter saja, karena jika lebih akan menjadi (...) pada SERP.

Sedangkan pada Gambar, penerapan keyword bisa dilakukan dengan dua cara yaitu :


1. Membuat keyword pada file mentah (.*jpg, .*png, .*gif .dll) yang sesuai dengan gambar :

SEO File

2. Menambahkan keyword pada title text dan alt text :

SEO Image title


Nah, jika sobat sudah sedikit mulai faham, Sebagai contohnya saya akan mencari kata kunci sambal ijo pada mesin pencari, dan hasilnya akan seperti ini

Contoh Seo Off Page


Jika melihat gambar diatas pasti sobat semua sudah paham kan?, nah itulah yang dinamakan SEO Off Page. Ingat, jangan sampai tergiur dengan sambalnya 😁.



SEO On Page 

Sementara untuk SEO On Page, sebuah keyword harus diterapkan pada judul artikel, didalam artikel, didalam meta tag dan permalink. Penulisan artikel SEO Friendly bertujuan untuk mendongkrak kualitas konten blog sehingga membantu blog berkembang dengan cepat dan mendapatkan banyak trafik, jika artikelnya benar-benar berkualitas dimata pengunjung.

Penerapan Keyword pada artikel kurang lebih sepeti ini :
Penerapan keyword pada artikel


Untuk menerapkan keyword didalam meta tag tinggal menambahkan kaca kunci didalam meta tag berikut :

<meta content='kata kunci, kata kunci, kata kunci,' name='keywords'/>

Penerapan keyword pada meta tag akan bersifat permanen, selama sobat tidak menghapus keyword,keyword yang tertera didalamnya.



Biasanya, yang mengindeks meta tag keyword adalah robot.txt Google, jadi walaupun blog sobat tidak memiliki artikel mengenai keyword yang dicari, blog sobat akan nongol otomatis di SERP Google. Namun hal ini akan sedikit berdampak bagi blog sobat, yaitu akan dianggap sebagai SPAM oleh Google index dan dianggap blog kurang bermutu(hanya mengandalkan keyword bukan konten).

Baca : Cara Menambahkan Kata Kunci Pada meta tag

Sementara penerapan keyword pada permalink bersifat semi SEO, penerapan keyword pada permalink akan berefek kepada kedua-duanya yaitu SEO Off Page dan juga SEO On Page. Jadi saya tekankan agar membuat permalink sepadat mungkin, boleh pendek asalkan isinya padat misalnya seperti ini :

domain.com/apa-itu-seo-off-page (kata kunci : seo off page)
domain.com/cara-membuat-artikel-seo (kata kunci : artikel seo)
domain.com/cara-masak-sambal-ijo (kata kunci : sambal ijo)

Kesimpulan yang bisa diambil adalah :

SEO Off Page : Berfungsi untuk mengoptimasi SEO pada SERP Google
SEO On Page : Berfungsi untuk mengoptimasi SEO pada halaman/konten blog

Nah, sekarang sobat sudah mengetahui apa itu SEO Off Page dan SEO Off Page secara dasar. Sobat hanya tinggal menerapkannya pada artikel/konten blog sobat dan semoga bermanfaat.

Disqus
Sistem Komentar